Februari 21, 2011

11 Buah dan Sayur yang Baik Untuk Jantung

Jantung adalah bagian paling vital di tubuh manusia. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau penyakit ini sekarang tidak hanya diidap oleh kaum tua saja, tapi kaum muda pun mulai digerogoti dan diserang oleh penyakit ini.

Ada banyak cara untuk terhindar dari penyakit mematikan ini, salah satunya adalah dengan menjaga pola makan yang baik. Selain itu juga kita harus rajin dan cermat mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

Nah..... berikut ada beberapa makanan yang dapat dijadikan referensi sebagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Simak penjelasannya berikut ini.




1. Alpukat
Antioksidan-glutation dan lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam alpukat bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas serta lemak yang bersifat merusak di dalam tubuh.

2. Anggur
Flavonoid seperti quercentin dan catechin banyak terdapat dalam anggur, terutama anggur merah dan ungu. Antioksidan ini berkhasiat memperlancar aliran darah, mencegah reaksi oksidasi kolesterol jahat (LDL), serta mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah. Vitamin C dalam anggur juga dapat menetralisir radikal bebas.





3. Apel

Apel mengandung banyak sekali pektin, yaitu jenis serat yang amat bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Pektin mengikat kolesterol yang berasal dari makanan, misalnya dari susu, daging, dan telur, serta menahannya agar tetap berada dalam usus. Kolesterol tersebut selanjutnya dikeluarkan dari dalam tubuh melalui tinja.
4. Berri
Buah-buahan keluarga beri seperti cranberry, strawberry dan blueberry mengandung antioksidan-vitamin C yang bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas. Juga bersifat antikanker dan antiinfeksi saluran kemih.




5. Jeruk
Jeruk mengandung karotenoid, flavonoid, vitamin C dan glutation yang berguna untuk menetralkan radikal bebas dan antikanker.


6. Bawang
Bawang putih maupun bawang merah mengandung antioksidan-quercentin yang berguna untuk menetralisir kolesterol jahat (LDL) dan bersifat antikanker.

7. Bayam
Mengandung banyak antioksidan-karotenoid, lutein dan asam folat yang bermanfaat menetralisir radikal bebas dan antikanker paru-paru.


8. Brokoli
Brokoli mengandung antioksidan sulforafan, vitamin C, indole, chromium dan glutation yang bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas, antikanker, paru-paru, usus besar dan pengendalian insulin.


9. Kubis
Terdiri dari kubis savoy dan kubis keriting, yang mengandung antioksidan indole 3 karbinol yang dapat menetralisir radikal bebas dan antikanker payudara.


10. Tomat
Mengandung antioksidan karotenoid lycopene, vitamin C dan asam p-kumarat, asam klorogenat yang berguna menetralisir radikal bebas dan antikanker pankreas.

11. Wortel
Kaya akan antioksidan-karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas, anti kanker dan menetralisir jerawat. Wortel juga mengandung kalsium pektat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar